PENGERTIAN GAMBAR 2D DIGITAL
Animasi adalah suatu rangkaian
gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan
akan terlihat seolah – olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat
film – film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan
menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak. 3 Penggunaan animasi
pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat
dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer, membuat perubahan gambar
satu ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk gerakan tertentu.
Animasi komputer adalah seni
menghasilkan gambar bergerak melalui penggunaan komputer dan merupakan sebagian
bidang komputer grafik dan animasi. Animasi semakin banyak dihasilkan melalui
grafik komputer 3D, walaupun grafik komputer 2D masih banyak ada. Kadangkala
sasaran animasi adalah komputer itu sendiri, kadangkala sasaran adalah antara
lain, seperti filem. Untuk menghasilkan gambar pergerakan, image (gambar)
dipaparkan pada screen komputer dan diganti dengan image (gambar) baru yang
selaras gambar sebelumnya dengan pantas. Teknik ini serupa dengan bagaimana
gambar bergerak dihasilkan melalui televi dan film. Animasi komputer 3D pada
asasnya merupakan pengganti digit bagi seni animasi gerak (stop motion); patung
animasi dibina pada screen komputer dan dipasang dengan rangka siber. Kemudian
anggota badan, mata, mulut, pakaian, dan lain-lain bagi patung 3D digerakkan
oleh juru animasi. Akhirnya, animasi dihasilkan.
A. Pengertian Animasi 2 Dimensi
Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Disebut animasi dua dimensi, karena 2D mempunyai ukuran panjang (X-azis) dan ( Y-axis). Realisasi nyata dalam perkembangan dua dimensi yang cukup revolusioner yakni film kartun. Dan animasi 2D adalah animasi yang menggunakan sketsa gambar, lalu sketsa gambar ini digerakkan satu persatu, maka tidak akan terlihat seperti nyata. Disebut animasi 2 dimensi karena dibuat melalui sketsa yang yang digerakan satu persatu sehingga nampak seperti nyata dan bergerak. Animasi 2D hanya bisa dilihat dari depan saja. Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.
Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Disebut animasi dua dimensi, karena 2D mempunyai ukuran panjang (X-azis) dan ( Y-axis). Realisasi nyata dalam perkembangan dua dimensi yang cukup revolusioner yakni film kartun. Dan animasi 2D adalah animasi yang menggunakan sketsa gambar, lalu sketsa gambar ini digerakkan satu persatu, maka tidak akan terlihat seperti nyata. Disebut animasi 2 dimensi karena dibuat melalui sketsa yang yang digerakan satu persatu sehingga nampak seperti nyata dan bergerak. Animasi 2D hanya bisa dilihat dari depan saja. Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.
B. Teknik Animasi Dua Dimensi
Animasi dua dimensi atau animasi dwi-matra dikenal juga dengan
nama flat animation. Ada beberapa teknik yang dapat digunakan
dalam proses pembuatannya, antara lain dengan sistem:
Cell Technique (Film Animasi Teknik Sel)
Teknik cell ini merupakan teknik dasar pembuatan film animasi klasik. Rangkaian gambar dibuat di atas lembaran transparan yang tembus pandang/sel (cell). Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakang (background) dan latar depan (foreground) dibuat hanya sekali saja. Cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak.
Teknik cell ini merupakan teknik dasar pembuatan film animasi klasik. Rangkaian gambar dibuat di atas lembaran transparan yang tembus pandang/sel (cell). Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakang (background) dan latar depan (foreground) dibuat hanya sekali saja. Cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak.
Teknik
Bayangan
Pada
teknik bayangan figur setiap adegan dibuat dengan mempergunakan lempengan
karton atau kulit. Media tersebut digunting sesuai karakter figurnya. Tokoh
yang ditampilkan biasanya tampak samping agar karakternya terlihat jelas. Efek
siluet yang ditimbulkan dari sorotan lampu di belakang layar ke objek figur
tersebut menjadikan kesan tersendiri saat ditonton. Jika media tersebut
dijauhkan dari layar akan terlihat membesar dan jika ditempelkan ke layar akan
terlihat ukuran media yang sebenarnya. Wayang (bayang) kulit merupakan salah
satu yang termasuk mempergunakan teknik ini.
Teknik Computing 2D
Animasi
dua dimensi setelah perkembangan teknologi komputer di era delapan puluhan juga
merasakan imbasnya. Yang sangat signifikan dirasakan adalah kemudahan dalam
proses pembuatan animasi. Untuk penggarapan animasi sederhana, mulai dari
perancangan model hingga pengisian suara/dubbing dapat dilakukan dengan mempergunakan satu personal komputer.
Setiap kesalahan dapat dikoreksi dengan cepat dan dapat dengan cepat pula
diadakan perubahan. Sementara dengan teknik manual, setiap detail kesalahan
terkadang harus diulang kembali dari awal.Keunggulan lainnya adalah dalam
penggandaan objek animasi. Teknologi komputer memungkinkan penggunanya untuk
tidak melakukan kegiatan yang sama berulang-ulang. Hanya dengan copy dan paste maka
gambar yang sama dapat digandakan dan diolah kembali, diperbesar, diperkecil,
ditambah maupun dikurangi setiap elemennya. Kemudahan dalam segi fasilitas yang
ditunjang oleh teknologi ini memungkinkan setiap kita bisa mempelajarinya untuk
membuat sebuah animasi, baik berupa film maupun animasi sederhana
Komentar
Posting Komentar