Langsung ke konten utama

Fungsi Multimedia

  Salah satu fungsi utama multimedia adalah sebagai alat bantumengajar
yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajaryang di tat
a dan diciptakan oleh guru.Menurut Hamalik dalam buku Media Pembelajaran
mengemukakanbahwa pemakaian media dalam pembelajaran dalam
proses belajarmengajardapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru.
Membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar,
dan bahkanmembawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
Multimedia menurut Levie dan Lentz, mengemukakan empat
fungsimultimedia pembelajaran, khususnya media visual, yaitu :a.
Fungsi atensi media visual yang merupakan latihan, yaitu menarik
danmengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada
isi pelajarandengan berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan
/ menyertaimateri pelajaran.b. Fungsi afektif visual dapat di lihat dari
tingkat kenikmatan siswa ketikabelajar (atau membaca) teks bergambar.c.
Fungsi kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penelitia
nyang mengungkapkan bahwa lambang visual / gambar dapat
mencapaitujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan
yangterkandung dalam gambar.d. Fungsi kompensatoris media pembelajaran
terlihat dari hasil penelitianbahwa media visual yang memberikan konteks
untuk memahami teksmembantu siswa yang lemah dalam membaca untuk
mengorganisasikaninformasi dalam teks dan mengingatnya kembali.
Selain itu menurut Jerome Bruner membagi alat instruksional
dalamempat macam fungsinya yaitu : a. Alat untuk menyampaikan
pengalaman “vocarious”, yaitu menyajikanbahan kepada murid-murid
yang sedianya tidak dapat mereka perolehdengan pengalaman langsung
yang lazim di sekolah.b. Alat model yang dapat memberikan pengertian
tentang struktur atauprinsip suatu gejala. Misalnya model molekul atau
pernafasan, tetapi jugaeksperimen atau demonstrasi juga program yang
memberikan langkahlangkahuntuk memahami suatu prinsip, atau struktur
pokok.c. Alat dramatisasi, yakni yang mendramatisasi sejarah / peristiwa
atautokoh, filem tentang alam yang memperlihatkan perjuangan untuk
hidup,untuk memberi pengertian tentang suatu ide atau gejala.d.
Alat automatisasi “teaching machine” atau pelajaran berprogram,
yangmenyajikan suatu masalah dalam urutan yang teratur dan
memberi feedbacktentang responds murid. Alat ini dapat meringankan
beban guru.10Dengan demikian secara umum multimedia berfungsi
untuk mengatasihambatan dalam berkomunikasi, keterbatasan fisik
dalam kelas, sikap pasifsiswa, dan upaya mempersatukan pemahaman siswa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Animasi Dan Software Animasi 2D Jenis-jenis Animasi : Animasi yang dulunya mempunyai prinsip yang sederhana, sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis, yaitu: Animasi 2D, Animasi 3D, Animasi tanah Hat (Clay Animation), Animasi Jepang (Anime). Software Pembuat Animasi Di pasaran sekarang ini sudah banyak beredar softwarwe pembuat animasi, baik itu 2D atau 3D. Untuk lebih jelasnya perhatikan daftar dibawah ini yang disusun berdasarkan kriterianya. Software Animasi 2 Dimensi : Macromedia Flash, CoRETAS, Corel R.A.V.E., After Effects, Moho, CreaToon, ToonBoom, Autodesk Animaton (1990-an) dll Software Animasi 3 Dimensi: Maya, 3D Studio Max, Maxon Cinema 4 D, LightWave, Softlmage, Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings 3D, Carrara, Infini-D, Canoma dll

ALASAN MEMILIH JURUSAN MULTIMEDIA

Alasan saya masuk jurusan Multimedia adalah saya ingin memperdalam ilmu komputer saya yang masih kurang dan saya juga bercita-cita menjadi programmer. Jurusan Multimedia itu menurut saya adalah jurusan yang sangat menantang. Karena menurut saya di jurusan inilah semua orang bisa belajar tentang software komputer dan di jurusan ini pula orang bisa belajar tentang bagaimana cara membuat website,database,animasi,dan lain sebagainya.